Tips Agar Smartphone Android Tidak Boros Baterai


Smartphone yang boros baterai memang merepotkan. Karena lebih boros baterai, kita akan lebih sering melakukan pengisian baterai. Jika dalam keadaan sumber listrik memadai tentu tidak menjadi masalah. Namun jika kita sedang berada di perjalanan sementara tidak ada powerbank, tentu saja kondisi boros baterai ini akan sangat merepotkan. Penyebabnya bisa karena kapasitas utama baterai yang rendah, charger yang rusak sehingga pengisian tidak maksimal, hingga ponsel yang bekerja terlalu keras.

Ponsel yang berusaha mencari sinyal, menerima sinyal GPS, mengaktifkan bluetooth akan membuatnya lebih boros baterai. Sebab dalam kinerja tersebut memerlukan aliran daya yang lebih besar. Jika anda sering mengalami masalah tersebut, penggunaan smartphone pun tidak akan lebih optimal. Maka agar baterai ponsel lebih awet dan tidak merepotkan anda, cobalah beberapa tips menghemat baterai yang selengkapnya akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Berbagai Tips Menghemat Baterai

  1. Perbarui aplikasi
Pembaruan aplikasi juga mampu menghemat penggunaan baterai. Sebab aplikasi yang digunakan setiap hari akan menerima bug report dari para penggunanya. Fungsi bug ini untuk memperbaiki aplikasi dan membuat kinerjanya meningkat. Maka jika aplikasi masih dalam versi lawas, bug yang banyak dilaporkan ini akan membuat kinerja android meningkat dan berdampak pada borosnya daya baterai. Maka dari itu anda wajib rajin memperbarui aplikasi.

Artikel menarik: Manfaat aplikasi kasir android untuk usaha kuliner anda
  1. Atur kecerahan layar dan waktu layar hidup
Borosnya daya penggunaan baterai juga disebabkan oleh tingkat kecerahan layar yang tinggi dan lamanya waktu layar hidup. Sebab semakin cerah layar maka semakin besar penggunaan daya baterainya. Atur layar agar tidak terlalu cerah. Anda bisa mengatur hidupnya layar hanya 15-20 detik saja. Tap menu setting dan tekan display. Disitu anda bisa memilih opsi untuk mengatur waktu layar hidup.
  1. Perhatikan penerimaan sinyal
Sinyal yang jika diterima kurang optimal menjadi sumber borosnya baterai. Sebab smartphone akan terus bekerja keras dan memerlukan lebih banyak daya ketika sedang mencari sinyal. Jika memang kondisi sinyal sedang tidak memungkinkan, cobalah atur smartphone di mode pesawat saja. Jika kondisi ruangan atau daerah di sekitar sudah dirasa cukup sinyal, baru non-aktifkan mode pesawat.
  1. Matikan GPS
Pergerakan yang anda lakukan akan dicatat secara otomatis dengan internet. Jika sedang di luar ruangan tentu sangat membantu. Namun ketika di dalam ruangan atau sedang berjalan, GPS tidak berfungsi optimal. Bahkan hanya membuat daya baterai lebih boros. Matikan dulu fitur GPS agar baterai lebih hemat. Anda bisa langsung menon-aktifkan GPS di latar belakang layar atau dengan masuk ke menu setting kemudian set Location and Security kemudian pilih GPS.
  1. Buang widget tak terpakai
Widget memang memudahkan. Namun jika terlalu berlebihan, daya baterai akan cept habis. Buang widget yang sekiranya tidak digunakan lagi. sebab banyaknya widget di layar akan membuat android bekerja lebih ekstra dan membuatnya membutuhkan banyak daya baterai. Tap di layar homescreen beberapa saat. Masukan widget yang tidak anda gunakan lagi ke ikon tong sampah.

Demikian beberapa tips agar lebih menghemat baterai. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.