Cara Transfer File Antar Laptop Tanpa Bantuan Flashdisk

Perkembangan teknologi saat ini semakin sulit dibendung. Bahkan sekarang penggunaan drive USB / flash drive / flashdisk tidak setua beberapa tahun yang lalu. Banyak perangkat kini telah menggantikan fungsi flashdisk.

Secara umum, flashdisk biasanya digunakan untuk memindahkan atau mentransfer file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Lalu bagaimana jika Anda lupa membawa flashdisk? Nah, ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan koneksi internet. Kami dapat mengirim file yang dipermasalahkan melalui email atau aplikasi perpesanan.
Tetapi semua itu akan tergantung pada kecepatan internet. Belum lagi, batas ukuran file dalam satu unggahan melalui email atau aplikasi perpesanan tidak besar. Jadi, bagaimana lagi jika ternyata ukuran file yang dikirim cukup besar? Misalnya dalam bentuk video atau aplikasi lain.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini pengembang aplikasi sudah mulai menemukan solusi untuk memindahkan file dari satu laptop ke laptop lain dengan cepat dan tanpa harus bergantung pada flashdisk atau perangkat drive sejenis, sehingga tidak perlu khawatir dengan kecepatan koneksi internet. Caranya adalah dengan menggunakan jaringan nirkabel atau yang biasa disebut WiFi.

Sebagai informasi, menggunakan WiFi untuk kebutuhan transfer file tidak akan terpengaruh oleh seberapa cepat koneksi internet. Bahkan kecepatannya bisa sama dengan ketika kita memindahkan file dari satu tempat ke tempat lain di satu hard disk atau hard drive. Kecepatan transfer bisa beberapa MBps. Sangat bagus bukan?

Bagi sebagian orang, metode ini mungkin umum dan telah digunakan selama beberapa tahun terakhir. Namun bagi Anda yang tidak tahu, ada satu aplikasi yang sangat membantu dan mudah digunakan untuk proses mentransfer file nirkabel antar laptop. Prosesnya sangat sederhana dan Anda tidak perlu khawatir ketika harus mengirim file ukuran besar.

Cara Mentransfer File Antar Laptop Tanpa Bantuan Flashdisk
Nah, aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan ini disebut ShareIt. Syaratnya adalah kedua laptop harus terhubung ke jaringan WiFi yang sama. Jika Anda tidak memiliki aplikasi ini di laptop Anda, silakan unduh terlebih dahulu secara gratis di situs yang tersedia di Google.

Setelah mengunduh dan menginstal di kedua laptop yang akan digunakan untuk bertukar file, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  1. Jalankan aplikasi ShareIt di setiap laptop terlebih dahulu.
  2. Pada laptop pertama, silakan klik "is the device you are searching for not found". Maka beberapa jaringan akan muncul yang telah diidentifikasi di sana.
  3. Sementara itu pada laptop kedua klik ikon jaringan yang akan terhubung. Jika ada kata sandi, isikan sesuai dengan apa yang Anda buat pada laptop pertama. Kemudian terhubung dengan mengklik "join".
  4. Nah, jika kedua laptop terhubung satu sama lain, maka transfer file dapat dilakukan. Tidak hanya dari laptop pertama ke laptop ke dua, tetapi juga sebaliknya.
  5. Bagaimana cara saya membagikan file? Cukup sederhana, sama seperti jika Anda menggunakan "adhoc". Pilih folder atau file yang ingin Anda bagikan, lalu "klik kanan -> properties". Pada tab berbagi, klik tab bagikan. Maka jendela "choose people to share with" akan muncul. Kemudian pilih "everyone". Pilih "add" lalu "share"
  6. Untuk mengambil file bersama, laptop penerima dapat masuk ke Windows Explorer. Kemudian klik "Network", yang ada di bagian bawah. Pilih nama laptop kedua yang terhubung. Di sana Anda dapat melihat beberapa file yang telah dibagikan dari laptop lain. Silakan copypaste seperti biasa ke penyimpanan lokal.