Cara Menjaga Performa Laptop Jadul Agar Tetap Oke

Laptop adalah perangkat yang tidak dapat dipisahkan dari kita saat ini. Dari mulai anak sekolah hingga pekerja atau pengusaha, semua membutuhkan laptop. Penggunaannya juga bervariasi. Ada pengguna laptop yang hanya membutuhkan laptop untuk mengetik dan membuat laporan, beberapa menggunakan laptop mereka sebagai perangkat inti untuk bekerja, seperti programmer dan sebagainya.
Karena itu, penting bagi kita untuk memiliki laptop dengan kinerja luar biasa. Sayangnya, laptop adalah perangkat yang semakin tidak bisa diandalkan. Untuk memiliki laptop dengan kinerja yang baik, kebanyakan orang akan berpikir untuk menjual atau membuang laptop lama mereka dan membeli yang baru.

Namun, ini bisa dikatakan sebagai pemborosan, terutama jika orang tersebut tidak memiliki anggaran yang cukup sehingga ia tampak dipaksakan. Untuk itu, simak tips berikut agar laptop lama Anda kembali menjadi laptop "pas".

o Merawat Perangkat Keras
Ingat, laptop adalah perangkat keras. Jadi, perawatan yang dibutuhkan bukan hanya pemindaian virus, tetapi pemindaian debu. Bongkar laptop Anda untuk membersihkan bagian dalam menggunakan kuas atau sejenisnya. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti pasta konduktor sehingga prosesor tidak panas. Prosesor panas adalah salah satu kontributor terbesar yang membuat laptop Anda lambat.

o Tingkatkan RAM
RAM adalah komponen yang berfungsi sebagai penyimpanan sementara. Artinya, jika RAM yang Anda gunakan memiliki kapasitas kecil, jangan heran jika laptop lama Anda menjadi kurang andal saat membuka beberapa aplikasi yang cukup berat. Untuk mendapatkan kinerja terbaik, tingkatkan RAM ke minimum 8 GB.

o Instal ulang OS
Sistem operasi atau yang biasa disebut OS adalah program inti dari laptop Anda. Dalam praktiknya, OS akan menyimpan banyak data yang sebenarnya bersifat sementara. Karena itu, instal ulang OS Anda setidaknya setiap 5 tahun.

Ini diperlukan untuk menjaga hard disk bersih dari file yang tidak perlu. Namun, jangan lupa untuk mencadangkan data penting sebelum menginstal ulang OS.

o Gunakan OS Lama
OS yang dibuat baru-baru ini disukai penampilan dan ketersediaan jika perangkat lunak yang berat digunakan. Karena itu, jika Anda menggunakan laptop lama, jangan gunakan OS baru. Ketidakmampuan perangkat keras Anda untuk menangani OS baru akan membuat laptop lambat. Atau, tetap gunakan OS lama karena spesifikasi laptop Anda terbatas.

o Perhatikan virus dan aplikasi
Virus adalah salah satu penyebab lambatnya kinerja laptop. Karena itu, lakukan pembersihan virus menggunakan aplikasi antivirus yang banyak tersedia di pasaran dan bahkan gratis.

Selain virus, perhatikan juga aplikasi yang disimpan. Jika ada aplikasi yang rasanya tidak akan digunakan tetapi hanya ingin "harus" mengikuti era, alangkah baiknya jika aplikasi itu di-uninstall. Dengan menambah ruang pada hard disk Anda, laptop Anda akan berjalan lebih baik.

o Ubah HDD ke SSD
SSD atau Solite State Drive adalah jenis hard drive yang menggunakan teknologi material elektronik. Karena itu, proses pengoperasian laptop akan lebih cepat daripada laptop yang menggunakan HDD (Hard Disk Drive). Selain kinerja laptop, penggunaan SSD akan membuat laptop terasa lebih ringan secara fisik.

Cara-cara yang dapat Anda lakukan agar laptop jadul Anda masih memiliki kinerja gahar seperti itu masih baru. Namun, jika masih belum optimal, Anda harus melakukan upgrade dengan membeli laptop baru yang memiliki spesifikasi lebih baik.